Berita RS Dr. Oen Solo Baru

Dalam rangka memperingati World Sight Day (Hari Penglihatan Sedunia), Rumah Sakit Dr. OEN SOLO BARU bekerja sama dengan PERDAMI (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Cabang Solo dan Rotary Club District Solo Kartini mengadakan Operasi Katarak Gratis yang diselenggarakan pada hari Minggu, 18 Oktober 2015 di Lantai 2 Gedung Bedah Sentral RS Dr. OEN SOLO BARU. Kegiatan ini sangat membantu para penderita katarak dari golongan kurang mampu. Terlihat antusiasme para penderita katarak dari beragam daerah untuk mengikuti operasi ini.
Kegiatan operasi katarak gratis di RS Dr. OEN SOLO BARU tersebut dilaksanakan mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 (4 sore). Kegiatan diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh dr. Olivia Hudaya selaku Ketua Panitia Kegiatan Operasi Katarak Gratis 2015 dilanjutkan dengan proses daftar ulang para calon peserta operasi katarak gratis diikuti dengan pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS) dan tekanan darah. Adapun syarat untuk dapat mengikuti kegiatan operasi katarak gratis ini yaitu dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat, melampirkan fotokopi KTP dan KK, tidak mempunyai riwayat penyakit gula/diabetes mellitus (kadar gula darah puasa kurang dari 150mg/dl), tidak mempunyai riwayat penyakit tekanan darah tinggi (maksimal 150/90 mmHg), dan menderita katarak matur dengan daya penglihatan maksimal 1/300 (hanya dapat melihat lambaian tangan dari jarak 1 meter). Pemeriksaan katarak para calon peserta dilakukan oleh dokter spesialis mata di RS Dr. OEN SOLO BARU sebelum tanggal pelaksanaan operasi. Bagi para calon peserta operasi katarak gratis yang masih memiliki kadar gula darah dan tekanan darah tinggi pada hari H pelaksanaan maka diberikan obat untuk menurunkan kadar gula darah dan/atau obat untuk menurunkan tekanan darah terlebih dahulu sebelum dilakukan operasi.
Peserta operasi katarak gratis tahun ini lebih banyak daripada jumlah peserta operasi katarak gratis tahun 2014. Kebanyakan dari mereka berasal dari wilayah Subosuko Wonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Klaten), namun ada juga peserta yang berasal dari Bekasi, Jakarta, bahkan yang paling jauh berasal dari Solok (Sumatra Barat).
Seluruh rangkaian kegiatan operasi katarak gratis ini tidak memungut biaya sepeser pun kepada para peserta, mulai dari pemeriksaan awal sampai pelaksanaan operasi semuanya gratis. Bahkan peserta yang telah menjalani operasi kami berikan obat secara gratis dan kontrol mata sebanyak 2x ke dokter spesialis mata RS Dr. OEN SOLO BARU secara gratis pula.

Berita Terkini

  • 1
  • 2
  • 3
Prev Next

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER 1 TH 2017

22-08-2017

HASIL CAPAIAN MUTU SEMESTER 1 TH 2017

PENCEGAHAN & PENGENDALIAN INFEKSI, SURVEI...

Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner

07-07-2017

Deteksi Dini Penyakit Jantung Koroner

Salah satu penyakit kardiovaskular yang men...

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Ma…

30-06-2017

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial

Telah bergabung bersama RS Dr. OEN SOLO BAR...

Bila Anak Kejang Demam

05-06-2017

Bila Anak Kejang Demam

KEJANG DEMAM (dalam Bahasa Jawa disebut 'St...

Waspadai Gejala dan Tanda Rematik

08-05-2017

Waspadai Gejala dan Tanda Rematik

Secara medis yang dimaksud dengan rematik a...

Klinik Teduh - Klinik PPK 1 BPJS Kesehat…

06-02-2017

Klinik Teduh - Klinik PPK 1 BPJS Kesehatan

Klinik Teduh merupakan salah satu badan usa...

Vaksin Asli RS Dr. OEN SOLO BARU

19-07-2016

Vaksin Asli RS Dr. OEN SOLO BARU

PEMBERITAHUAN Sehubungan dengan adanya p...

Calcium Score CT Scan 128 Slices

08-07-2016

Calcium Score CT Scan 128 Slices

PERTAMA DI SOLO RAYA : CT SCAN 128 SLICES !...

Lomba Dance Group Anak

04-07-2016

Lomba Dance Group Anak

Sing: Let's dance together.. get on the dan...

Guests Online

Kami memiliki 69 tamu dan tidak ada anggota online